Profil Kim Tae-yeon 김태연

Profil dan Biodata lengkap Kim Tae-yeon 김태연


Nama Lahir      Kim Tae-yeon 김태연
Nama Artis Taeyeon
Lahir 9 Maret 1989
Kota Asal Jeonju, Jeolla Utara
Negara Korea Selatan
Pekerjaan
  • Penyanyi
  • Model
  • Aktris
Genre
  • K-pop
  • R&B
  • Dance-pop
  • Balada Instrumen
  • Vokal Gitar
Tahun aktif 2007 - Sekarang
Label SM Entertainment
GirlBand Girls' Generation



Kim Tae-yeon yang lebih dikenal sebagai Taeyeon, adalah penyanyi asal Korea Selatan. Ia debut sebagai anggota dari grup penyanyi GirlBand asal Korea Selatan dengan nama Girls' Generation pada tahun 2007 setelah menjalani pelatihan selama 3 tahun. Sejak saat itu, Taeyeon mulai terkenal berkat kesuksesan grup tersebut di kancah musik Asia dan kemudian berpartisipasi di proyek S.M. Entertainment, Girls' Generation-TTS dan SM The Ballad. Disamping aktivitas grup, ia juga telah merekam lagu untuk berbagai macam drama televisi dan film.
Taeyeon
Pada Oktober 2015, ia membuat debutnya sebagai penyanyi solo dengan album mini pertamanya,I. Album ini memuncak di nomor dua di Gaon Album Chart serta menghasilkan singel dengan nama yang sama, yang juga memuncaki Gaon Digital Chart dan telah terjual lebih dari 1 juta kopi.
Album mini keduanya, Why berada di nomor satu diGaon Album Chartserta menghasilkan dua lagu sepuluh besar Korea Selatan, "Starlight" dan "Why".
Setelah debut, ia dianugerahi Best Female Artist di Mnet Asian Music Awards.
Gallup Korea menempatkannya di peringkat ketiga sebagai artis paling populer pada tahun 2015 dan Forbes Korea yang memasukkannya ke dalam daftar "Top 40 Most Powerful Celebrities" pada tahun 2016. Taeyeon terkenal karena kemampuan vokalnya: ia terpilih dalam survei oleh 40 industri musik sebagai vokalis K-pop terbaik pada Oktober 2015, dan sebagai vokalis wanita terbaik oleh 20 perusahaan musik pada April 2016. Pada 2016, Gallup Korea menempatkannya sebagai penyanyi paling populer pada tahun 2016, tahun sebelumnya ia berada di peringkat ketiga.
Kehidupan awal
Taeyeon lahir pada 9 Maret 1989 di Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari orang tuanya, seorang kakak laki-laki, dan seorang adik perempuan.
Pada usia 13 tahun, Taeyeon berkesimpulan bahwa ia "hanya berbakat dalam menyanyi".
Ketika berada di sekolah menengah, ia diterima menjadi trainee di Akademi Starlight (kemudian berubah menjadi Akademi SM) dan pulang pergi dari Jeonjuke Seoul setiap hari Minggu untuk berlatih vokal selama satu tahun.
Pada tahun 2004, mantan pelatih vokalnya Jung Sung-won, yang juga dikenal sebagai The One "ingin mengetahui potensi Taeyeon" dan memberinya sebuah tantangan untuk bernyanyi di lagunya "You Bring Me Joy".
Pada tahun yangsama, ia memenangkan juara pertama penyanyi terbaik dalam Kontes Terbaik S.M.Entertainment ke-8 dan resmi menerima kontrak dari S.M. Entertainment.
Taeyeon melanjutkan pelatihannya dibawah agensi S.M. Entertainment dan debut sebagai anggota dari Girls' Generation pada tahun 2007.
Namun, jalan menuju debutnya tidaklah mudah; di Star Golden Bell, diungkapkan bahwa Taeyeon pernah diam-diam kabur dari S.M. Entertainment karena kerasnya sistem pelatihan agensi tersebut. Sesama anggota Girls' Generation, Tiffany mengatakan, "Saya adalah teman sekamar Taeyeon dan saya terkejut ketika saya datang ke kamar dan melihat semua barang milik Taeyeon sudah tidak ada lagi."
Pada tahun 2008, Taeyeon lulus dari Jeonju Arts High School dan dianugerahi "Lifetime Achievement Award".
Sebagai remaja, Taeyeon terinspirasi untuk menjadi seorang penyanyi oleh BoA. Dia "ingin menjadi sepertinya dan memiliki aktivitas di Jepang dan seluruh dunia", yang kemudian terwujud ketika Girls' Generation debut di Jepang pada tahun 2010.
Karier 2007–11: Awal Karier Lihat pula: Girls' Generation Terlepas dari aktivitas Girls' Generation, Taeyeon sering tampil di beberapa penampilan solo. Ia pertama kali menyumbangkan suaranya untuk “7989” (menampilkan Kangta), sebuah lagu yang diambil dari album debut eponim Girls' Generation (2007) dan album studio keempat Kangta, Eternity (2008).
Taeyeon mulai mendapatkan popularitas melalui berbagai soundtrack drama televisi yang direkamnya, ia telah merekam lagu "If" untuk drama KBS2, Hong Gil Dong(2008) dan "Can You Hear Me" untuk drama MBC, Beethoven Virus(2009).
Lagu tersebut dipandang telah menjadi lebih populer dibandingkan masing-masing drama. Lagu tersebut yang kemudian membuatnya memenangkan Penghargaan Popularitas di Golden Disk Awards 2008 dan ia gambarkan sebagai lagu yang paling sulit untuk dinyanyikan, dengan intro yang harus disampaikan seperti jika seseorang sedang berbicara, bukan seperti ketika menyanyi.
Selama masa ini, ia juga merekam "It's Love", sebuah lagu duet dengan sesama anggota Girls' Generation Sunny, untuk drama MBC, Heading to the Ground(2009).

Diskografi
√ 2004 You Bring Me Joy - Duet dengan The One
√ 2008 If
√ 2008 Can YouHear Me?
√ 2008 7989 - Duet dengan Kangta
√ 2009 It's Love - Duet dengan Sunny
√ 2010 - Like a Star - Duet dengan The One
√ 2010 I Love You
√ 2011 Different - Duet dengan Kim Bum-soo
√ 2012 Dear My Family - Dengan SM Town
√ 2012 Missing You Like Crazy
√ 2012 Closer
√ 2013 And One
√ 2013 Lost In Love - Duet dengan Tiffany
√ 2013 Bye (Korean / Chinese ver.)
√ 2014 Breath(Korean ver.) - Duet dengan Jonghyun
√ 2014 Set Me Free(Korean ver.)
√ 2014 Love, That One Word
√ 2014 Colorful
√ 2015 Shake That Brass - Duet dengan Amber
√ 2015 Scars Deeper Than Love - Duet dengan Lim Jae Bum
√ 2015 I (feat. Verbal Jint)
√ 2016 Rain
√ 2016 All With You
√ 2016 11:11
Filmography
> 2011 Seoul
> 2016 Samdado News
Penghargaan
• Cyworld Digital Music Awards 2008 kategori Song of the Month - "If" (Menang)
• Gaon Chart K-Pop Awards 2015 kategori Artist of the Year - "I" (Menang)

No comments:

Post a Comment